Pemkab Banggai Terima Bantuan 1 Unit Mobil Damkar Dari Kemendagri

JAKARTA, MPI_Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan menyerahkan bantuan 1 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai.

Penyerahan bantuan mobil damkar ini diserahkan secara simbolis dengan penandatangan berita acara serah terima oleh Direktur Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Syafrizal, M.Si. kepada Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, Senin (29/11), di Jakarta.

Pada kesempatan ini, Dr. Syafrizal,M.Si. mengungkapkan fasilitas pengelolaan kendaraan damkar yang diserahkan kepada pemerintah daerah merupakan bentuk pembinaan Kemendagri terhadap penyelenggaraan sub urusan kebakaran.

Ia menjelaskan berdasarkan Permendagri nomor 114 Tahun 2018 terdapat Standar Pelayanan Minimal (SPM). Dimana sub urusan kebakaran merupakan urusan wajib pelayanan dasar bagi masyarakat.

“Kami berharap agar kendaraan yang telah diserahkan pengelolaannya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pelayanan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, atas bantuan yang diserahkan, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, menyampaikan apresiasinya kepada Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Ia menuturkan bantuan yang diserahkan merupakan wujud kolaborasi penyelenggaraan pemerintahan antara pemerintah daerah dengan Kemendagri, khususnya Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan.

Tak hanya itu, kepada OPD tekhnis yang menerima bantuan, yakni Satuan Polisi Pamong Praja, khususnya Bidang Damkar, Bupati menghimbau agar dapat memanfaatkan mobil damkar ini dengan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat.

Ia juga berharap kepala-kepala OPD untuk lebih proaktif di kementerian/lembaga, dikarenakan bantuan untuk pemerintah daerah tersebar di kementerian/lembaga.

“Dengan bantuan ini semoga hubungan yang baik ini dapat terus terjalin di tahun tahun mendatang,” pungkasnya.

Penyerahan dan penandatanganan pengelolaan mobil damkar yang berlangsung diruang kerja Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri turut disaksikan Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Drs. Edy Suharmanto, M.Si.; Kasubdit Sarana Prasarana Informasi Kebakaran, Evan Nursetyahadi, S.STP., M.Si.; Kepala DLH Banggai, Syafrudin Hinelo, S.STP., M.Si. dan Ketua Kadin Banggai, Ir H. Beniyanto.(dewi)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *