Launching Program Bumdes Maima, Bupati Banggai: “Bangun Bumdes Dengan Baik Agar Berjalan Berkesinambungan”

BANGGAI, MPI_Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka berharap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat dibangun, dikelola dan dikembangkan usahanya untuk memacu bangkitnya perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat Launching Bumdes MAIMA 500 juta per Bumdes TA 2021, Sabtu (18/12/21), yang dipusatkan di tempat wisata Dego-dego Sawah, Desa Tanah Abang, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai.

“Hal yang paling penting dalam pengelolaan Bumdes adalah sustainable atau berkesinambungan. Yakni bagaimana membangun Bumdes agar berjalan secara berkesinambungan, sehingga asas manfaatnya dapat dirasakan dengan betul oleh masyarakat,” ungkapnya.

Bupati menegaskan sesuai Peraturan Bupati Banggai nomor 43 tahun 2021 disebutkan bahwa bantuan permodalan Bumdes tidak boleh digunakan untuk usaha simpan pinjam.

“Bantuan permodalan Bumdes diperuntukkan pada usaha simpan pinjam,” tegasnya.

Bupati menambahkan pada tahun berikutnya Bumdes penerima bantuan permodalan akan terus bertambah sepanjang Bumdes memenuhi kriteria dan Pemerintah Desa berkomitmen untuk mengembangkannya.

“Untuk Desa-Desa yang belum menerima bantuan Bumdes pada tahun ini jangan berkecil hati. Pengelola harus serius, apabila mau mendapatkan bantuan penuhi persyaratannya dan diajukan ke kami,” pungkasnya.(dewi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *