Lantik Pengurus Dekranasda, Bupati Banggai Berharap Nilai Budaya Banggai Melalui Kerajinan Bisa Terus Dilestarikan

BANGGAI, MPI_Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka berharal nilai budaya Banggai melalui kerajinan bisa terus dilestarikan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banggai.

Hal ini disampaikannya saat melantik pengurus Dekranasda Banggai masa bakti 2021-2024, Senin (06/12/21), di salah satu hotel di kawasan Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

“Dekranasda Banggai sebagai mitra kerja pemerintah melalui misinya diharapkan terus mampu menjaga kelestarian nilai budaya Banggai melalu kerajinan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan setiap kecamatan memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi potensi unggulan bagi Kabupaten Banggai.

“Sebagai mitra pemerintah, Dekranasda berfungsi untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya Banggai dengan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan keterampilan pengrajin. Tentu saja itu akan berdampak positif pada kesejahteraan pengrajin itu sendiri,” lanjutnya.

Ditambahkan kreativitas Dekranasda dalam mengembangkan para pengrajin akan melahirkan pengrajin dan pengusaha baru di Kabupaten Banggai.

“Dengan tumbuhnya pengrajin dan pengusaha baru akan meningkatkab perekonomian masyarakat. Dimana lapangan pekerjaan terbuka lebar. Pemkab Banggai tentunya memberikan dukungan penuh kagiatan Dekranasda dengan dana APBD melalui OPD terkait,” tutupnya.(dewi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *