Pengurus Dekranasda Banggai Masa Bakti 2021-2024 Resmi di Lantik

BANGGAI, MPI_Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banggai masa bakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, Senin (06/12/21). Prosesi pelantikan berlangsung di salah satu hotel di kawasan Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Banggai Syamsuarni Tamoreka mengungkapkan Dekranasda mempunyai tugas dan fungsi sebagai mitra strategis pemerintah dalam menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis kearifan lokal untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Banggai.

“Hal ini selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai yakni terwujudnya Banggai maju, mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan dan hambatan bagi Dekranasda Banggai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satunya terkait daya beli dan perekonomian saat ini yang sangat rendah.

“Dekranasda harus dapat memberi semangat kepada para pengrajin untuk menghasilakn kerajinannya. Dekranasda harus mengambil peran agar hasil kerajinan dapat dipasarkan baik secata lokal, nasional maupun internasional,” lanjutnya.

Ia menegaskan Dekranasda Banggai akan meningkatkan pembinaan kepada para pengrajin agar dapat berinovasi dalam menghasilkan karya yang bernilai ekonomis.

“Kami akan mendata kembali semua pengrajin yang ada di Kabupaten Banggai. Sehingga para pengrajin bisa eksis, berkembang dan maju dibawah binaan Dekranasda,” pungkasnya.

Pelantikan pengurus Dekranasda Banggai dihadiri Asisten II Setda Banggai Drs. H. Alfian Djibran, M.M., Staf Ahli Bupati dr, Gunawan, Staf Khusus Bupati Alimudin Nur, Kepala BappedaLitbang Ramli Tongko, Kepala BPD Sulteng, Sekdis Perkimtan, pengurus dan anggota Dekranasda, TP-PKK, Dharma Wanita, Persit KCK dan Bhayangkari Banggai.(dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *